Terimakasih Anies untuk Umat Budha di Hari Waisak

Terimakasih Anies untuk Umat Budha di Hari Waisak

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat Hari Trisuci Waisak kepada umat Buddha yang merayakan. Kata dia perayaan ini dilaksanakan di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal tersebut disampaikan Anies melalui akun media sosial instagram @aniesbaswedan pada Kamis (7/5/2020).

“Terimakasih kepada umat Budha yang selalu memancarkan semangat kebaikan dalam berbagai kegiatan sosial di Jakarta, terutama dalam masa pandemi saat ini,” tulis Anies.

Selain itu dia juga mengharapkan perayaan Waisak kali ini dapat memberikan kediaman antar sesama. “Semoga hari Waisak tahun ini membawa kedamaian, ketentraman, dan kebahagiaan bagi teman-teman semua,” lanjut dia.

Sementara itu, guna mencegah penyebaran corona Covid-19, umat Buddha tahun ini tidak menyelenggarakan perayaan Hari Waisak di Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Sekretaris Wihara Mendut Wahyu Utomo di Magelang, Rabu, 6 Mei 2020 menyampaikan perayaan Waisak 2564 BE/2020 berbeda dengan [Waisak](news “”) tahun-tahun lalu. Mengingat kini diperingati di tengah pandemi corona Covid-19.

2 dari 2 halaman

Rayakan di Rumah

“Biasanya kami di Candi Mendut dan Candi Borobudur ada acara nasional dihadiri ribuan umat, tetapi tahun ini kita mengikuti imbauan dari pemerintah dan juga institusi tertinggi kami yaitu melaksanakan Waisak di rumah,” katanya dilansir Antara, Kamis (7/6/2020).

Wahyu menjelaskan perayaan Waisak di wihara hanya orang-orang tertentu dengan jumlah terbatas.

“Jadi prosesi dari Mendut ke Borobudur seperti tahun-tahun kemarin tidak ada. Tahun ini memang tidak mengadakan prosesi tersebut sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tidak berkerumun,” tambahnya.