Pelatih Persija Belum Pernah Kalahkan Shin Tae-yong Saat di K-League

Pelatih Persija Belum Pernah Kalahkan Shin Tae-yong Saat di K-League

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, menyebut  Shin Tae-yong sebagai pelatih berkualitas. Sergio Farias bahkan belum pernah mengalahkan pelatih Timnas Indonesia itu ketika sama-sama di K-League.

Pertemuan antara Sergio Farias dan Shin Tae-yong terjadi di K-League 2009. Ketika itu, Sergio Farias menjadi pelatih Pohang Steelers, sedangkan Shin Tae-yong menukangi Seongnam FC.

Dalam dua laga pertama, Seongnam FC asuhan Shin Tae-yong tak terkalahkan dengan rincian mereka menang 3-1 (11/4/2009) dan hasil imbang 1-1 (15/8/2009) saat menghadapi Pohang Steelers. Kemudian kedua tim berhasil menembus play-off karena Pohang Steelers finis kedua, sedangkan Seongnam di urutan keempat.

Pertemuan ketiga terjadi pada 2009 terjadi pada babak semifinal. Ketika itu, Sergio Farias dibuat kecewa oleh Shin Tae-yong setelah Pohang Steelers kalah 0-1 dari Seongnam FC (29/11/2009).

“Saya berada di Korea Selatan selama lima tahun dan memenangi semua kompetisi di negara itu. Soal Shin Tae-yong, kami hanya bertemu sebanyak tiga kali saat itu,” kata Sergio Farias.

“Pada duel play-off, saya ingat tim kami hanya memainkan banyak pemain cadangan. Namun, saya akui dia memang pelatih bagus dan berkarakter,” ujar Farias.

Shin Tae-yong ketika itu gagal memberikan gelar K-League 2009 buat Seongnam FC. Pada laga final yang digelar dua leg, Seongnam FC kalah dengan agregat 1-3 dari Jeonbuk Hyunday Motors.

Adapun buat Sergio Farias, musim tersebut menjadi yang terakhir bersama Pohang Steelers. Pada 2010, Sergio Farias hengkang ke klub Arab Saudi, Al-Ahli, sedangkan Shin Tae-yong tetap menukangi Seongnam FC sampai 2012.

2 dari 3 halaman

Reuni di Indonesia

Kedua pelatih yang pernah menukangi klub K-League kini melakukan reuni di Indonesia. Namun, keduanya tak akan pernah berduel karena menukangi level tim berbeda.

Shin Tae-young merupakan pelatih Timnas Indonesia, sedangkan Sergio Farias melatih klub Liga 1, Persija Jakarta. Namun, kedua pelatih masih bisa berhubungan untuk melakukan koordinasi pemain demi Timnas Indonesia.

Menarik untuk melihat perjalanan karier Sergio Farias dan Shing Tae-yong di Indonesia. Apalagi kedua pelatih merupakan sosok yang memiliki banyak pengalaman di dunia sepak bola.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap, Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, published 13/5/2020).

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia