Buah Manis Aksi Polantas Pinrang yang Bagikan Bendera Kepada Warga Tidak Mampu

Buah Manis Aksi Polantas Pinrang yang Bagikan Bendera Kepada Warga Tidak Mampu

Liputan6.com, Pinrang – Aksi keren Polisi Lalu Lintas Polres Pinrang mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak. Bagaimana tidak, Kasat Lantas Polres Pinrang beserta jajarannya itu membagikan puluhan bendera beserta tiangnya kepada warga yang tidak mampu.

Karo Provos Divisi Propam Mabes Polri, Brigjen Pol Ramdani mengatakan bahwa aksi Kasat Lantas Polres Pinrang, AKP Dharmawaty, menjadi contoh bahwa merayakan kemerdekaan tidak harus dengan cara yang meriah. Personel Polantas Polres Pinrang menunjukkan cara yang sederhana namun bisa menumbuhkan nasionalisme masyarakat secara langsung. 

“Kemerdekaan dirayakan tidak mesti harus bermewah-mewahan tetapi juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana , seperti yang dilakuka oleh AKP Dharmawaty,” kata Ramdani saat dikonfirmasi via telepon seluler, Jumat (21/8/2020).

Terpisah, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe mengatakan bahwa aksi AKP Dharmawaty yang membagikan puluhan bendera beserta tiangnya harusnya menjadi contoh bagi seluruh personel kepolisian yang bertugas di lapangan.

“Saya pribadi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh AKP Dharmawaty. Diharapkan bisa menjadi contoh dan teladan baik bagi seluruh jajaran kepolisian maupun dikalangan masyarakat luas,” ucap Kapolda Sulsel, Jumat (21/8/2020). 

2 dari 3 halaman

Aksi Keren Polantas Pinrang Rayakan HUT ke-75 RI

Memasang bendera merah putih di halaman rumah sudah menjadi tradisi setiap kali merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tradisi itu telah dilakukan seluruh warga di penjuru Indonesia setiap tahunnya. 

Namun siapa sangka jika masih ada sejumlah warga kurangnya di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, yang kesulitan untuk membeli bendera. Melihat fenomena itu Satuan Lalu Lintas Polres Pinrang pun berinisiatif melakukan bakti sosial.

Bakti sosial itu yang dilakukan oleh 14 personel Satuan Lalu Lintas Polres Pinrang. Mereka membagikan 47 bendera merah putih dan tiangnya kepada warga kurang mampu. 

“Ini merupakan wujud kepedulian untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme di HUT ke-75 RI ini,” kata Kasat Lantas Polres Pinrang, AKP Dharmawaty, Senin (17/8/2020). 

Aksi keren personel polisi ini berlangsung sejak tiga hari lalu. Mereka menyusuri sedikitnya tujuh desa untuk membantu warga tidak mampu itu dan langsung memasangkan bendera beserta tiangnya di halaman rumah mereka. 

Respon beragam pun ditunjukkan oleh warga melihat aksi Polantas Polres Pinrang yang tak biasa ini. Beberapa diantaranya kagum dan bangga, bahkan ada diantaranya yang meneteskan air mata karena merasa terharu.

“Barusan terjadi, ada pejabat tinggi yang membagikan bendera seperti ini,” kata Weni, salah seorang warga sambil terharu. 

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut: