6 Cara Bersihkan Kulkas supaya Lebih Hemat Listrik

6 Cara Bersihkan Kulkas supaya Lebih Hemat Listrik

Liputan6.com, Jakarta – Kulkas merupakan salah satu barang yang punya peran krusial di rumah. Karenanya, sangat wajar bila Anda memberi perhatian pada, tak hanya cara membersihkan, namun juga mengatur ragam barang di dalamnya.

Menjaga kulkas tetap bersih dan dalam kondisi baik tak hanya akan membuat makanan tahan lebih lama. Kulkas yang bersih ternyata juga membantu Anda menghemat penggunaan listrik di rumah.

Melansir laman AsiaOne, Selasa, 25 Agustus 2020, berikut beberapa tahapan mudah dalam membersihkan kulkas. Proses ini disarankan dilakukan secara rutin tergantung seberapa tinggi tingkat pemakaian benda tersebut, bisa sebulan, per dua minggu, bahkan seminggu sekali.

1. Mulai dari awal

Pencet tombol refresh dan bersihkan dari semua noda dengan lap basah bertekstur lembut. Kosongkan semua ruang dan lap setiap rak hingga bersih. Disarankan untuk memakai pembersih kulkas atau all-purpose cleaner supaya bakteri dan virus di dalam kulkas mati.

Tahap ini pun berlaku saat membersihkan kompartemen freezer. Pastikan tak ada lapisan es tersisa dan bersihkan sampai ke bagian sudut yang biasanya tertutup es.

2. Alasi dengan lapisan kain

Ada dua manfaat utama dalam pemanfaatannya. Pertama, kain akan menyerap setiap jus yang mungkin saja tumpah, entah dari makanan, buah, bahkan sayur. Lalu, bila menggunakan pelapis kertas, rak akan lebih lembap sehingga produk akan segar lebih lama saat ditaruh di kulkas.

2 dari 5 halaman

3. Ikuti Arahan Penggunaan Kulkas

Bila memungkinkan, coba tetap mengatur barang di dalam kulkas sesuai arahan untuk kulkas. Pasalnya, desain ini sebenarnya bermaksud membuat makanan segar dan tahan lebih lama.

Aturannya, rak paling atas untuk item cenderung mudah busuk, seperti makanan sisa, telur, dan yogurt. Pada bagian pendingin, taruh keju dan daging-dagingan. Sementara di rak paling bawah, taruh daging mentah dan ikan supaya tak ada risiko kontaminasi.

Lalu, bagian pintu yang umumnya merupakan bagian paling hangat dari kulkas bisa diisi dengan barang yang tak perlu didinginkan secara cepat dan instan.

3 dari 5 halaman

4. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Terlepas dari kebiasaan membersihkan dengan baik, aroma kulkas terkadang aneh cenderung kurang sedap, tergantung pada benda apa yang Anda taruh. Menghilangkan aroma tersebut, taruh seboks baking soda yang terbuka dan ganti setiap 90 hari.

5. Atur menggunakan boks

Letakkan botol tinggi di agak belakang supaya yang lebih pendek terlihat dari depan. Lalu, gunakan kontainer transparan untuk mengatur botol, kaleng, dan komponen lain yang Anda taruh di dalam kulkas.

Lapisi boks dengan kain maupun kertas supaya tak lengket karena terkena tetesan jus dari berbagai barang yang ditaruh.

4 dari 5 halaman

6. Jangan Lupakan Bagian Luar

Hampir selesai. Setelah membersihkan bagian dalam, pastikan untuk melakukan hal serupa pada sisi luar kulkas. Singkirkan magnet, pengingat, foto, maupun catatan dari kulkas, lalu lap bagian tersebut.

Yang terpenting dalam proses pembersihan ini adalah bagian gagang pintu kulkas. Membersihkan gagang pintu kulkas bahkan dianjurkan jadi kebiasaan rutin sehari-hari.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: